Terima kasih kesedihan, Selamat datang kebahagiaan

Bahagia itu menyenangkan, sedangkan kesedihan itu menyakitkan. Semua orang tentu pernah merasakan kesedihan, rasa yang  membuat kita pesimis, perih, dan sakit.

Banyak orang tau setelah kesedihan ada kebahagiaan. Kita terbiasa mengandai-andaikan adanya kebahagiaan saat kesedihan datang. Banyak orang juga menggunakan kebahagiaan sebagai harapan dan menggunakan kesedihan sebagai bentuk kerendahan rasa yang tak diinginkan ada.

Kita kadang lupa bahwa kesedihan membuat kita semakin kuat untuk menghadapi masalah-masalah hidup. Ketika masalah terselesaikan membuktikan bahwa kita mampu untuk bertahan hidup. setelah selesai, kita melupakan kesedihan dan merasa kebahagian  datang menggantikan. Namun, benarkah kebahagian menggantikan kesedihan?

Saat bahagia, kesedihan tidak menghilang apalagi tergantikan. Dia masih ada mengiringi kebahagiaan. Tanpa rasa kesedihan kita tak bisa merasakan kebahagiaan. Dialah penyebab kita bahagia, begitupun sebaliknya, kebahagian adalah penyebab kesedihan.

Rasa bahagia membuat kita senang, dan kesedihan membuat kita kuat. Mereka ada dalam kehidupan untuk menemani kita berjalan beriringan dengan masalah-masalah yang berdatangan. Semoga kita selalu kuat menghadapi kesulitan dan mencapai ketenagan kehidupan.

Written by

Leave a Reply