Sajak Patah Hati: Aku Hanya Menyerah

Banyak orang berkata padaku “Jangan menyerah”. Seakan masalahku akan selesai dengan mengikuti kalimat jangan menyerah. Aku sangat sadar sekali, tujuanya baik. Namun, kadang terpikir pertanyaan benarkah baik?

Jangan menyerah seperti kata saran. Mempunyai sebuah aturan tak tertulis yang berbunyi “Menurutinya berarti baik, jika menolak artinya tidak baik.” Berdalih mempunyai tujuan baik, orang yang memilih menyerah dianggap kalah, lemah, malas,  dan label lain yang terdengar tak enak di telinga.

Sebaliknya, orang yang tidak menyerah disoraki dengan julukan pemenang, suri tauladan, patut dibanggakan, dan berbagai sorakan lainya yang membuat hati melayang.

Secara tidak sadar kata jangan menyerah mengekelompokan orang yang kalah dan kelompok orang yang menang. Pemenang diagungkan sedangkan orang yang kalah diremehkan.

Betul sekali, memilih menyerah sama saja memilih kekalahan. Meski begitu keduanya tetap termasuk hal baik. Bahkan menjadi suatu hal yang sangat indah. Rasa menyerah datang untuk berkata kepada raga ada hal yang tak mampu dilakukan sekarang. Ia juga memberikan pilihan lanjutkan atau berganti jalan.

Ketika ditengah jalan rasa menyerah datang, Ia hanya ingin mengingatkan hal yang luar biasa yaitu ‘aku pernah melangkah’. Semua orang yang kalah dan para pemenang melakukan hal yang sama yaitu pernah melangkah. Suatu hasil yang besar dimulai dari melangkah.

Menyerah itu baik. Ia ingin berkata kepada akal “Ada hal indah yang akan terlewatkan jika berhenti di sini. Jika sudah tak mampu, menyerahlah di jalan ini dan coba ganti dengan jalan lain.” Menyerah adalah jeda menuju harapan. Mau menjadi jeda pendek seperti spasi atau jeda panjang seperti berganti bab adalah pilihan.

Aku lelah dan memilih menyerah, memanjangkan jarak menuju tujuan dengan mengakui kalah. Saat menyerah aku memang kalah. Ada jeda yang terasa sakit, patah hati, sedih, dan lelah bercampur menjadi satu. Namun itu baik untuku. Aku hanya menyerah bukan berhenti apalagi mati, aku hanya patah hati. Melanjutkan jalan ini atau berganti adalah pilihan hati.

#ODOPBatch7

Written by

Leave a Reply