Pernah Salah

Aku pernah meminta maaf karena melakukan kesalahan dan aku juga sering menjadi saksi orang yang meminta maaf atas kesalahanya.

Memang, saat kita berbuat salah kepada orang lain, cara yang paling sederhana adalah dengan meminta maaf. Kesederhanaan yang tidak mudah tapi sangat bisa dilakukan. Cara orang meminta maaf berbeda-beda.

Ada orang yang menyadari dia salah, meminta maaf lalu pergi. Tak peduli sudah dimaafkan atau tidak. Prinsipnya adalah mengakui kesalahan lalu meminta maaf duluan.

Ada orang yang menurutku cukup langka, ia meminta maaf dan bertanya bagaimana cara agar ia dimaafkan.

Ada juga orang meminta maaf dan memaksakan untuk dimaafkan dan banyak sekali orang yang meminta maaf untuk formalitas saja tanpa menyadari kesalahan, pikirku, setidaknya dia sudah meminta maaf.

Salah itu wajar karena manusia tempatnya salah dan lupa, makanya tercipta sempurna dengan akal. Oleh karena itu, kesempurnaan manusia tidak dinilai dari tidak pernah salah, tetapi seberapa bisa manusia menggunakan akalnya untuk berpikir menyadari dan memperbaiki kesalahan menjadi sedikit salah, dan lebih sedikit salah.

Pertanyaan selanjutnya adalah “Maukah kita meminta maaf dan memperbaiki?”

Written by

Leave a Reply