Mengeluh itu wajar

Saya terlahir sebagai manusia dengan kelengkapan akal dan anggota badan, namun tetap saja saya masih mengeluhkan semua hal.

Banyak orang menasihatiku sedikitlah mengeluh perbanyaklah bersyukur. Kata yang sederhana tetapi berat untuk dibiasakan. Hanya awal-awal saja, hari berikutnya kembali seperti semula.

Kebiasaan memang susah diubah namun sebuah kebiasaan baru bisa ditambah. Mengeluh bukan hal yang salah, dia hanya bentuk perasaan yang perlu diluapkan. Mengurangi keluhan sama saja menahan perasaan. Hal ini kurang baik bagi kesehatan mental, banyak kasus menyebabkan stress. Hal yang perlu dilakukan adalah menambah perasaan bersyukur agar melebihi perasaan ingin mengeluh.

Mengeluhlah jika ingin mengeluh, lakukan saja seperti biasanya, lalu tambahkan rasa syukur dengan menikmati apa yang sudah ada.

Cara sederhana seperti memperhatikan lingkungan sekitar kita yang menyenangkan. Seperti tubuh yang sehat, air putih yang menyegarkan, atau sebuah senyuman. Sering-seringlah menggunakan hati dan akal untuk menyadari setitik kebaikan dari setiap keluhan atau memperhatikan rasa kepedulian dari serentetan omelan

Hal-hal yang sulit, berat dan melelahkan memang menyebalkan. Mereka tidak perlu dihilangkan namun diseimbangkan dengan hal-hal yang membuat hati kita tenang dan bersyukur atas semua kejadian.

Written by

Leave a Reply