Ada yang Lebih Indah dari Harapan

Sering sekali aku mendengar teman mengatakan kalimat yang menurutku cukup  janggal. Kalimat itu terdengar seperti ini

 “Kenyataan tak seindah harapan”

Mengapa janggal? Tuhanlah yang menciptakan kenyataan dengan cinta untuk semua makhluknya. Ia dengan sempurna menuliskan takdir yang indah bahkan bagi pendosa. Semua kenyataan yang telah dilalui, sedang dihadapi, maupun akan dilewati adalah bentuk cintanya. Jadi, bagaimana seonggok harapan manusia lebih indah dari cintanya?

Ada sebuah syair indah berkata.

“Jika engkau tau takdir tuhan, engkau akan menagis karena keindahanya”

Begitulah Sang Ar-rahman, menyayangi semua makhluknya yang sering tersesat jalan, bersedih saat harapan yang diinginkanya tak menjadi ada, hingga tak sadar kenyataan yang terjadi adalah yang dibutuhkanya, kenyataan lebih indah dari harapan.

Belum sadar sepenuhnya, Si makhluk malah berdalih “Bukankah tak ada yang bisa mengubah nasibnya kecuali dirinya sendiri?  Aku sudah berharap dalam do’a, ada juga usaha”. Memang sedikit benar bung, namun ada perbedaan yang besar antara takdir dan nasib.

Nasib ada karena usaha yang dilakukan manusia, sedangkan takdir adalah cerita indah yang pasti terjadi atas kehendakNya. Harapanmu tentang nasib yang sedang engkau ubah memang indah, namun, ingatlah, kenyataan yang terjadi lebih indah dari harapan yang tercipta akal manusia.

Rezeki, Ajal dan jodoh adalah takdir. Ia tak bisa berubah. Namun, proses menujunya disebut nasib yang bisa diubah. Rezeki pasti ada, besar kecilnya bergantung usaha. Ajal pasti datang, tak ada yang bisa lari darinya. Jodoh pasti dipertemukan, patah hati yang kadang terjadi merupakan ujian atau kesalahan yang perlu diluruskan.

Kita selalu mengucapkan ihdinashisirathal mustaqim saat shalat, yang artinya “Tunjukanlah hamba jalan yang lurus”. Jadi, jika terjadi hal yang mengecewakan artinya kita sedang tersesat, meski hal tersebut baik dan sangat indah, Allah akan menunjukan jalan yang lurus yang lebih indah. Begitu juga semua harapan yang indah, ia akan menjadi nyata indahnya jika sesuai dengan jalanNya dan menjadi kenyataan sangat indah saat tidak sesuai harapan.

#ODOPBatch7 #onedayonepost

Written by

Leave a Reply