3 Solusi Kecemasan

Keadaan merasa tidak aman pada suatu kondisi dikenal dengan sebutan kecemasan.

Kondisi ini dialami semua manusia tidak pandang umur. Bisa timbul karena trauma atau ketakutan akan tersakiti. Orang yang sedang cemas, ia memiliki pola pikir dan keyakinan diri yang negatif. Ia juga gugup, mudah marah, ganguan tidur, hingga sulit berkonsentrasi. Beberapa kondisi, kecemasan memperparah pikiran seseorang menjadi semakin stress atau depresi.

Kecemasan itu wajar namun sangat mengganggu pikiran, sebelum menjadi berlebihan, baiknya diatasi dengan cara berikut ini

1. Buatlah Kepastian

Kecemasan datang untuk hal-hal yang belum terjadi. Maka, pastikan saja dengan hal baik. Tidak ada yang tau tentang masa depan, bahkan kejadian 5 menit ke depan. Persiapakan saja hal-hal semampunya untuk pencegahan. Misal, berangkat lebih awal agar tidak telat. Belajar giat untuk lulus.

Jika sudah persiapan namun malah hal negatif yang terjadi, ambil saja hikmah baik disetiap kejadian. Pelajari setiap kesalahan lalu coba lagi di waktu berikutnya.

Kehidupan ini sudah penuh dengan banyak hal rumit. Sederhanakanlah dengan memilih hal yang dianggap paling baik.

Teman senja

2. Perbanyak Percaya akan Hal Baik

Hal paling penting yang harus dimiliki pikiran adalah kepercayaan. Ia memperkuat keyakinan yang akan melahirkan niat lalu berbuah tindakan. Boleh saja percaya pada hal buruk tetapi juga tetap percaya pada hal baik.

Lebih bagus lagi perbanyaklah berpikir hal-hal baik hingga menganggap hal buruk adalah suatu ketidakmungkian.

Misal pun yang terjadi sesuatu yang tak diingikan, tentunya ada hal baik diantara semua keburukan. Memang tidak mudah, setidaknya berterima kasihlah, ia telah membuat hatimu lebih kuat.

3. Terus Bergerak

Kecemasan menimbulkan ketakutan dan pasangan ketakutan adalah keberanian.

Jika bisa takut artinya bisa berani, agar mau berani biasakan bergerak. Mulai dari pikiran yang menganalisis penyebab lalu mencari solusi yang ada. Terus gali jawaban dari pertanyaan “Apa yang bisa kulakukan sekarang?”.

Coba semua jawaban yang muncul, langkahkan kaki meski kecil. Terus bergerak meski masih takut.

Titik teraman ketakutan adalah ketakutan itu sendiri.

Anonim

Semakin dalam melewati titik ketakutan semakin dekat pula ke titik paling aman.

Ketiga solusi tersebut efeknya berbeda-beda setiap orang. Bergantung seberapa bisa mengendalikan diri, hati, dan pikiran. Semua solusi yang ada hanyalah tambahan, hal yang paling utama saat cemas datang adalah dengan menarik dan menghembuskan nafas secara perlahan.

Lakukan 5-10 kali hingga hati tenang, berikan jeda pikiran dengan segelas minuman. Air akan memberikan efek penetralan rasa menjadi tenang. Selamat mencoba.

#ODOPBatch7

Written by

Leave a Reply