3 Cara Menghentikan Memikirkan Kenangan Masa Lalu

Kenangan tersimpan dalam memori otak kita. Tepatnya di bagian terdalam otak yaitu Hippocampus. Semua kenangan terkumpul di tempat itu, ada kenangan yang manis, kenangan terindah yang selalu menyenangkan untuk dikenang, ada juga kenangan pahit terkadang sulit untuk kita lupakan.

Semua kenangan mempunyai manfaat untuk kita antara lain

  1. Kenangan membantu kita membentuk identitas
    Ingatan pribadi memberi lita rasa kesinambungan bahwa kita ada adalah orang yang sama. Seiring waktu berlalu, ingatan memberikan detail penting tentang  siapa kita dan kita ingin menjadi apa
  2. Kenangan membantu kita memecahkan masalah
    Semua kenangan menawarkan solusi-solusi potensial unutk masalah yang sedang kita hadapi dan membimbing kita dalam memecahkannya
  3. Kenangan membantu kita dalam mengatur emosi
    Kenangan dapat memberikan contoh situasi serupa yang pernah dialami sebelumnya, sehingga memungkinkan kita unutk merenungkan bagaimana cara mengelola emosi sebelumnya dan belajar dari pengalaman berharga tersebut.

Meski sangat bermanfaat, terkadang kenangan masa lalu menganggu aktifitas sehari-hari. Seperti perasaan tidak menerima kenyataan hari ini karena mengingat kenangan indah masa lalu. Bisa juga kenangan menyakitkan hingga mengganggu kesehatan fisik.

Agar tidak berlarut-larut, berikut 3 cara menghentikan memikirkan kenangan masa lalu.

  1. Luangkan waktu
    Kenangan kita butuh perhatian. Tentukan waktu unutk menginat kenangan tersebut, bisa dengan menulis di buku, bisa juga dengan  menjabarkan semua keindahan maupun kekhawatiran yang memenuhi pikiran.
    Jarang yang tahu bahwa menulis secara emosional selama 15 menit sehari dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita.
  2. Seimbangkan dengan menginagt hal lain
    Bagi kenangan yang menyakitkan, seimbangkan juga dengan menginagt hal-hal positif dari masa lalu. Begitu pula untuk kenangan indah, kita bisa mengambil hal positif unutk diterapkan di kehidupan sekarang sehingga menguatkan senjata kita menghadapi masalah.
  3. Melatih Strategi Perhatian
    Terlalu lama mengenanag  akan membuat kita tenggelam pada kenangan. Akibatnya kita sulit menerima kenyataan sekarang, apalagi kenangan mas alalu lebih indah dari pada kenyataan sekarang yang sedang dijalani.
    Oleh karena itu, alih-alih memikirkan kenangan, dalamkan juga focus pada masa kini seperti memperhatikan nafas, melihat sekitar atau menikmati udara. Perhatian kita perlahan berpindah ke masa kini, dan bersiap menjalankan kehidupan sekarang.

Setiap kita mempunyai cara mengenang yang berbeda meski kenangannya sama. Selamat mencoba.

referensi
theconvertation.com

Written by

Leave a Reply