Petunjuk Keluar dari Jebakan Uang dengan Pendidikan Keuangan

Semua mengenal uang tetapi terjebak dalam perangkap uang.

Ayah kaya memahami kekuatan pendidikan keuangan. Ia berhasil keluar dari jebakan dengan pendidikan keuangan. Bahkan menguasai uang dengan memahami bagaimana uang bekerja.

Baca juga Nasihat uang yang berbahaya dari ayah kaya

Ayah kaya berkata

“Semua orang membutuhkan uang tetapi tidak tahu pengetahuan keuangan”.

Kebanyakan orang hanya tahu belajar giat, lulus dengan nilai bagus, lalu bekerja untuk mendapatkan uang. Mereka hanya tahu cara mendapatkan uang tetapi tidak tahu cara menguasai uang.

Belum lagi ketika menghadapi masalah uang. Terutama kekhawatiran atau pun ketakutan kekurangan uang. Solusi yang dipikirkan adalah bekerja dan mendapatkan uang yang banyak untuk menghilangkan ketakutan tersebut.

Sadar atau tidak, mereka telah terperangkap dalam jebakan uang yaitu ketidaktahuan dan ketakutan. Tidak mengenal uang tetapi menginginkanya, takut kekurangan, bahkan ketidaktahuanya menganggap uang adalah jawaban dari semua masalah keuangan.

“Memahami pendidikan keuangan dapat mengeluarkan mereka dari jebakan uang”

Ayah kaya

Bagaimana cara keluar dari jebakan uang?

Ayah kaya memberikan 5 petunjuk sederhana yang diulanginya terus menerus selama 30 tahun kepada Robert. T. Kiyosaki yaitu:

  1. Jadikanlah bekerja sebagai tempat belajar dan mencari peluang
  2. Perlunya melek keuangan meski bukan akuntan
  3. Jangan habiskan hidup dengan bekerja untuk orang lain dan menjadikanya kaya.
  4. Belajar pajak dan kekuatan korporasi
  5. IQ finansial yang terus diasah akan memunculkan keterampilan teknis dan keberanian untuk keluar dari jebakan keuangan.

Semua petunjuk yang sesederhana itu hanyalah pemandu jalan dari pendidikan keuangan. Bisa diikuti bisa tidak. Tujuanya membantu keluar dari jebakan uang. Menuntun kehidupan yang tumbuh lebih kaya di zaman yang terus berubah dan penuh ketidakpastian.

Coretan singkat ini hanyalah penulisan ulang dari buku Rich Dad Poor Dad. Ada beberapa kata yang penulis tambahkan agar lebih mudah dipahami saat menbaca. Setiap petunjuk akan dijabarkan secara detail pada tulisan berikutnya. See you next time  teman senja J

Bab 2 pengantar selesai.
#ODOPBatch7 #Richdadpordad

Written by

Leave a Reply