Ciri-ciri Buta Keuangan, Sebuah Resensi Buku ” Why The Rich are Getting Richer”

Judul Buku :

Why The Rich are Getting Richer, Apa sebenarnya pendidikan keuangan itu?

Penulis                 : Roert T. Kiyosaki & Tom Wheelwright, CPA

Penerbit               :PT Gramedia Jakarta

Tahun cetak        : 2019

Tebal buku          : 304 halaman

ISBN : 978-602-03-8107-7

Harga                   : Rp. 98.000 (Pulau Jawa)

Tokopedia.com

Banyak orang mengaku mengenal uang namun tak bisa baca laporan keuangan. Mereka membutuhkan uang namun keputusannya diserahkan akuntan.

Jika ilmu ekonomi merupakan ilmu keuangan, mengapa orang terkaya di dunia bukan para ekonom?

Begitulah yang dikatakan Robert T. Kiyosaki dalam bukunya yang berjudul Why The Rich are Getting Richer. Selain itu, ia menyatakan bahwa ilmu ekonomi memang penting tetapi kurang mengajarkan pemahaman pendidikan keuangan. Akibatnya, meski berprofesi tinggi, banyak orang mengalami buta keuangan.

Buta keuangan terjadi karena banyak orang merasa sudah cukup dengan bersekolah.

Padahal kurikulum sekolah hanya membantu menjadi orang yang berprofesianal dalam bidangnya. Setelah lulus mereka diarahkan mendapat pekerjaan bagus lalu menghasilkan uang.

Ciri-ciri orang mengalami buta keuangan sebagai berikut:

  1. Tidak bisa memecahkan masalah dasar keuangan yaitu ketakutan kekurangan uang
  2. Frustasi, khawatir tidak punya cukup uang untuk mencapai kemakmuranya
  3. Membatasi dirinya dengan pikiran “Aku tidak bisa melakukanya”
  4. Tidak mengetahui cara meminimalkan bayar pajak malah menuduh orang kaya curang saat membayar pajak lebih sedikit.
  5. Membenci pekerjaan karena penghasilanya tidak sesuai kebutuhan dan keinginan

Begitulah orang yang mengalami buta keuangan. Cara agar sembuh dari buta keuangan dengan mulai memahami kata melek keuangan yaitu pendapatan, pengeluaran, asset, liabilitas, kas, dan arus.

Penjelasan tadi hanyalah salah satu bab dari isi buku Why The Rich are Getting Richer. Selain itu, ada juga bab yang menyatakan penabung adalah pecundang, utang membuat orang kaya semakin kaya, mengenal pajak agar semakin kaya dan cara lain tentang cara orang kaya semakin kaya.

tokopedia.com

Buku ini sangat menggelitik dengan pemilihan kata untuk judul bab yang menarik. Tidak ada typo dalam penulisan, tata letaknya juga sangat rapi. Ada juga tambahan grafik dan gambar yang sebagai ilustrasi. Penjelasanya menggunakan kalimat nasihat dari pengalaman orang kaya, sehingga berasa nyata.

Ada juga cerita narasi yang renyah sehingga tidak membosankan. Ada pula petunjuk cara pengelolaan uang  ala orang kaya secara detail yang mudah dimengerti.

Meski begitu, Buku ini banyak menggunakan istilah keuangan yang cukup sulit diikuti orang yang buta pengetahuan keuangan. Sangat dianjurkan membaca buku pertama yang berjudul Rich Dad Poor Dad agar mudah memahami isi buku. Selain itu, isi bukunya untuk solusi ekonomi orang Amerika namun tidak mudah untuk orang Indonesia.

Bagi orang Indonesia yang ingin bebas keuangan ala Kiyosaki, perlu adanya kestabilan pendapatan dulu untuk mengikuti petunjuk di buku ini. Hal yang lebih penting, buku ini hanya cocok untuk orang yang optimis.

Terlahir dalam keadaan miskin itu takdir sedangkan mati dalam keadaan miskin adalah nasib yang bisa dirubah

anonim

Baca juga Penyebab Buta Keuangan dan Solusinya

#ODOPBatch7

Written by

Leave a Reply