Ada yang belum tau investasi? Luangkan waktu untuk membaca ini

Hai.. Teman senja, kapan pun sekarang engkau berada semoga lelahmu tergantikan dengan berkah nan bahagia 🙂 .

Kali ini aku akan membawa teman-teman semua ke dunia investasi. Di sana ada taman investasi, rumah adat properti, taman bermain uang, dan masih banyak lagi.

Ada yang belum tau investasi?

Investasi berarti melakukan sesuatu di masa sekarang dengan tujuan mendapatkan manfaatnya dimasa depan. Banyak orang sering mengaitkan investasi dengan penipuan. Ada juga yang langsung melabeli haram. Teman senjaku, investasi tidak senakal itu dan tidak perlu dijauhi karena tuduhan haram. Investasi adalah bentuk usaha menanamkan harapan untuk diwujudkan di masa depan.

Investasi tak melulu uang

Ada investasi ilmu di dunia pendidikan seperti belajar dan sekolah. Mencari pengalaman juga bentuk investasi ilmu. Membagikan dan mengajarkan juga bentuk investasi, karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang berguna bagi diri dan orang lain.

Selain investasi ilmu juga ada investasi barang antik yang akan langka menjadi mahal, ada investasi tanah lalu dibangun kos-kosan, ada investasi logam mulia seperti emas intan, dan investasi keuangan yang sangat terkenal. Bentuk investasi keuangan banyak sekali seperti saham, obligasi, deposito, sukuk dan reksadana.

Bagaimana cara kerja investasi?

Cara kerja semua jenis investasi itu sama yaitu sabar. Tujuan investasi adalah untuk masa depan, bisa 1-5 tahun atau 5-10 tahun. Jadi, selama menunggu masa depan, seorang investor mulai membeli emas untuk dijual dimasa depan, mengelola kos-kosan untuk terus dikembangkan dan mengumpulkan keuntungan atau kerugian yang didapatkanya untuk dinikmatinya saat hari tua.

Khusus investasi keuangan cara kerjanya bisa digambarkan secara sederhana dengan investor menitipkan uang ke pemilik usaha untuk dikelola, lalu keuntunganya dibagi sesuai kesepakatan. Jika usaha mengalami kebangkrutan maka ditanggung bersama.  

Semakin hari, cara kerja investasi keuangan bermacam-macam. Hal ini bertujuan memudahkan orang untuk berinvestasi sehingga banyak investor tertarik menitipkan uangnya ke para pengusaha yang membutuhkan uang untuk modal mengembangkan usaha.

Pemerintah juga ikut andil dengan membuat lembaga seperti OJK sebagai jaminan dan pengawasan agar investor dan para pengusaha tetap aman tanpa penipuan dan tindakan merugikan lainya. Ada juga lembaga yang melabelkan syari’ah untuk membedakan mana investasi yang aman untuk muslim.

Banyak investor meraih untung besar dikarenakan mereka sudah punya ilmu dan pengalaman dalam memilih usaha yang tidak merugikan malah mempunyai laba yang besar. Tentunya perlu waktu yang tidak singkat.  

Ada satu jenis investasi yang harus diambil tak boleh diabaikan yaitu investasi akhirat. Semoga teman senja semua selalu terus berinvestasi kebaikan, sedekah, dan amal untuk bekal meninggalkan dunia.

Written by

Leave a Reply